Minggu, 03 Januari 2010

BACA DAN PAHAMI BAHASA PIKUMBUAH YANG TERDIFERENSIASI


BACA DAN PAHAMI BAHASA PIKUMBUAH YANG
TERDIFERENSIASI
Pada hakikatnya di tempat saya ini bahasa inggris adalah bahasa wajib, sehingga bisa dibilang kami sudah mahir memainkan bahasa inggris dan saking mahirnya menjadikan bahasa itu menjadi terdiferensiasi akibat perubahan jaman yang makin lama makin menuju ke arah zaman purba atau prasejarah.
  1. LONGEK
Merupakan kata yang tabu bagi bangsa indonesia tapi ini merupakan kata wajib yang dapat memberikan inspirasi bagi yang menggunakan dan mengetahui makna dari kata ini.
Longek merupakan kata yang diadaptasi dari bahasa inggris yakninya “language” yang artinya bahasa. Memang longek adalah bahasa, memang sedari dahulu kala bahasa inggris merupakan bahasa wajib bagi masyarakat ditempat saya karna sudah terdiferensiasi dari masa ke masa maka berkembanglah language menjadi longek.
Sebagai contoh:
  1. “ee longek ang !”
  2. “elok – elok lah ang malongek stek!”
Terkadang orang yang terlalu mendalami maknanya menggunakan kata longek untuk melakukan transaksi jual beli dan hasilnya memang menakjubkan, dari bahasa longek menghasilkan budget yang menguntungkan.
Sebagai contoh:
“longek cubadak !....longek cubadak!.....tigo saibu!!”
Tapi ingat pesan saya, bahwa yang menggunakan kata longek tidak boleh sembarang orang dan harus pada waktu tertentu, jika anda tidak mengetahui secara mendalam makna dari “longek” ini, maka jangan sekali kali menggunakannya...don’t used if you don’t know this...
  1. CAIK
Banyak orang yang tidak paham darimana kata ini berasal padahal ini bahasa inggris kucing “Cat”, karena diferensiasi maka beralih menjadi caik. Dalam memanggil kucing selalu digunakan kata ini. Sangat apresiatif dan kucing yang dipanggil akan menjadi patuh bila menggunakan kata ini.
Contoh :
“Caik...!!!kuciang mada !”
Ingat kata ini akan memberikan feedback yang berarti jika anda menggunakannya kepada kucing.
  1. KUIH
Inilah kata yang antik tapi menarik dan tentunya semua orang ditempat saya sangat paham sekali makna kata ini. Baiklah,, kata kuih ini terdiferensiasi dari kata “Kiss” yang berarti ciuman dalam bahasa inggris. Tapi dalam pemaknaan kata ini sangat dalam, yang mana kuih tidak hanya diucapkan pada manusia saja tetapi juga pada makanan.
Contoh :
  1. “den manguih iko cek lu mang!!”
  2. “den kuih kau beko..!
Biasanya kalau pada makanan kata ini menggunakan imbuhan “ma” atau pada indonesia “me”. Dan memeliki arti kata kerja “manguih”.
Baiklah sodara – sodara pembaca sekalian, karena hari ini saya sangat ponek atau capek sekali hari ini maka cukup tiga kata itu yang dipostingkan, mungkin teman – teman ato orang – orang yang sebangsa dengan saya bisa menambahkan lagi diferensiasi kata – kata yang terlalu mahir jika diucapkan.
“ingat dengarkan kata hati anda sebelum berucap karena kata yang kita ucapkan memiliki makna yang tidak diketahui dan sangat tabu dan jangan mau disuruh untuk mengucapkan kata – kata yang anda anggap benar karena pada hakikatnya nothing”

5 komentar: